10 Cara Menaikan Kesadaran Kita

spiritual Sep 11, 2023

Di saat-saat stres, kecemasan, dan keadaan pikiran berbahaya lainnya yang kita alami dalam hidup kita, mungkin sulit untuk memusatkan perhatian kita pada pengembangan pribadi yang positif. Pikiran untuk menjadi orang bijak yang tercerahkan yang memancarkan energi positif yang tampaknya abadi bisa tampak jauh… tujuan yang tidak dapat dicapai mengingat masalah kehidupan sehari-hari. Benar seperti kelihatannya, ini adalah mekanisme mental yang menghalangi kemampuan kita untuk melihat segala sesuatu apa adanya, yaitu bahwa “Diri kita sudah dibebaskan secara inheren. Ide-ide yang telah dipaksakan pada Diri itu yang harus dibebaskan ”.

Kita akan melihat 10 cara di mana kita dapat membantu mengubah kesadaran kita ke tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi. Alat, metode, dan kondisi pikiran ini akan membantu kita berkembang secara sadar dan dalam perjalanan menuju pencerahan kesadaran kita.

Kasih sayang

Dengan welas asih, kita merangkul kesadaran simpatik dari kesusahan orang lain bersama dengan keinginan untuk meringankannya. Dengan mengalami welas asih, kita juga mengalami kesadaran akan saling ketergantungan segala sesuatu. Welas asih adalah pilihan aktif untuk menginginkan bersama orang lain dan menginginkan orang lain meringankan penderitaan mereka. Tindakan welas asih adalah kemauan untuk melampaui kepentingan diri kita sendiri demi kebaikan orang lain. Kita melepaskan kebutuhan kita sendiri untuk memenuhi kebutuhan orang lain sehingga kita dapat memenuhi kebutuhan terdalam kita sendiri: untuk merasa terhubung dengan sesuatu… untuk merasakan bagian dari kemanusiaan bersama yang lebih besar.

Pembubaran Batas

Dengan mengalami penghancuran batas, kita mengalami dekonstruksi dan penghancuran batas-batas yang telah diciptakan oleh budaya dan masyarakat manusia dan yang telah ada selama ego egois mempengaruhi umat manusia. Tujuan penghancuran batas adalah untuk menyingkirkan kebohongan yang memisahkan umat manusia, bukan mempersatukannya. Ketika kita membubarkan batas-batas yang membagi dan memisahkan kita dari orang lain, kita akan memiliki kemampuan untuk mengubah dunia kita menjadi dunia yang tenang, tenteram, dan damai. Keesaan tidak hanya menjadi konsep filosofis tetapi menjadi kenyataan yang akan dialami oleh totalitas umat manusia.

Apresiasi

Saat kita menghargai seseorang, kita menyesuaikan diri dengan kualitas positif mereka dan mengungkapkan empati dan rasa terima kasih kita untuk mereka. Apresiasi menghasilkan getaran positif yang ditawarkan kepada semua orang dan inspirasi serta perluasan lebih lanjut ke dalam diri kita yang lebih besar. Ini adalah cara sederhana untuk menyegarkan diri kita sendiri, untuk membuka hubungan yang menyentuh hati dengan diri kita sendiri dan orang lain. Apresiasi adalah kesenangan yang sepenuhnya terfokus pada apa pun yang terasa baik dan pengakuan atas kemampuan kita sendiri untuk berniat dan membiarkan manifestasinya.

Nikmati napas dalam-dalam yang menenangkan atau mungkin sinar matahari yang hangat dan menyenangkan. Hal-hal sederhana yang mungkin kita anggap remeh semuanya layak dihargai. Saat kita melakukan ini, cobalah untuk fokus sepenuhnya pada hal baik yang ditawarkan pengalaman atau item ini kepada kita, dan akui bahwa kita dan hanya kita yang membuatnya, tidak peduli bagaimana hal itu datang kepada kita. Tidak peduli kondisi atau keadaan kita, akan selalu ada sesuatu yang dapat kita hargai. Jika tampaknya hidup kita kurang bahagia, cari saja satu hal setiap hari dan hargai peran kita dalam mewujudkannya, lalu pikirkan setiap aspek dari barang atau kondisi tersebut yang merupakan kekuatan positif dalam hidup kita.

Kedamaian batin

Memiliki kedamaian batin berarti kita damai secara mental dan spiritual, dengan pengetahuan dan pemahaman yang cukup untuk membuat diri kita kuat dalam menghadapi pengalaman hidup yang sulit dan penuh tekanan. Dalam beberapa budaya, kedamaian batin dianggap sebagai keadaan kesadaran yang dapat dikembangkan dengan melakukan hal-hal seperti meditasi, Tai Chi, atau yoga. Banyak praktik spiritual merujuk pada kedamaian semacam ini sebagai pengalaman mengetahui diri kita sendiri. Solusi untuk menemukan kedamaian batin mengharuskan kita untuk melihat masalah dari perspektif baru. Kita tidak dapat mengubah sifat dunia atau masalahnya, tetapi kita dapat menambahkan dimensi baru dalam hidup yang akan memberi kita kedamaian.

Kita mungkin tidak dapat melenyapkan semua masalah dunia, tetapi melalui meditasi kita dapat mencapai kedamaian dan kebahagiaan. Kita dapat membuat kehidupan keluarga kita lebih damai, penuh kasih, dan perhatian, Kita dapat membantu mengubah masyarakat tempat kita tinggal. Kita bisa menjadi sumber kedamaian bagi semua orang di sekitar kita. Dengan menjalani kehidupan di mana kita peduli dan mencintai orang lain, kita akan berkembang menjadi manusia yang ideal. Dengan mendapatkan kedamaian batin, kita juga bisa mencapai kedamaian lahiriah. Beberapa orang secara keliru berpikir bahwa jalan meditasi adalah pelarian. Mereka merasa mengharuskan kita untuk duduk di gua atau di puncak gunung seperti seorang pertapa. Meditasi tidak mengarah pada pelarian, melainkan membuat kita lebih hidup.

Pengampunan

Pengampunan adalah pengalaman kedamaian dan pengertian dari saat ke saat yang terjadi ketika penderitaan seseorang yang merasa terluka berkurang penderitaannya saat mereka mengubah keluhan mereka terhadap orang atau kelompok yang memulai pengalaman yang menyebabkan penderitaan itu. Pengampunan melibatkan rasa kesatuan yang dirasakan dengan orang yang telah menyakiti kita dan dapat bersifat regresif atau progresif. Dengan merangkul perasaan memaafkan sebagai sesuatu yang dapat membantu kita, kita menerimanya sebagai aspek penerimaan, cinta, kedamaian, dan kebenaran alih-alih mengalami kebencian, emosi, kenegatifan, kepalsuan… yang semuanya adalah aspek kebencian.

Pengampunan membawa ketenangan pikiran. Kebencian membawa kekacauan batin dan penderitaan. Pengampunan berarti memilih untuk melihat kesempurnaan dan keindahan mutlak dalam segala hal. Segala sesuatu dan setiap orang saat ini beroperasi pada tingkat kesadaran dan/atau evolusinya sendiri. Setiap orang dan segala sesuatu adalah seperti sekarang ini karena itulah yang perlu dipelajari atau tidak dipelajari. Orang apa adanya dan membuat kesalahan karena mereka benar-benar tidak tahu sebaliknya atau mereka tidak ingin tahu sebaliknya. Jika mereka benar-benar tahu sebaliknya, mereka sudah sebaliknya.

Perhatian

Mindfulness adalah keadaan pikiran di mana kita memperhatikan dengan cara tertentu. Latihan perhatian memperluas bidang kesadaran kita, memungkinkan pengawasan yang lebih baik terhadap pengalaman somatik dan afektif, berkat itu kita dapat mengalami kapasitas yang ditingkatkan untuk pengaturan diri dari gairah, pengaruh, dan perilaku kita. Perhatian penuh sangat membantu kita karena beberapa alasan. Sebagai permulaan, ini hanya mencerminkan apa yang sedang terjadi dan persis seperti apa yang sedang terjadi. Tidak ada bias.

Perhatian juga merupakan kemampuan pikiran untuk mengamati tanpa kritik. Dengan kemampuan ini, kita melihat hal-hal tanpa penghukuman atau penghakiman. Tidak ada yang mengejutkan kita… kita hanya memiliki minat yang seimbang pada hal-hal persis seperti keadaan aslinya. kita tidak memutuskan dan kita tidak menghakimi… kita hanya mengamati. Perhatian mencatat pengalaman, tetapi tidak membandingkannya. Itu tidak memberi label atau mengkategorikan mereka. Itu hanya mengamati segala sesuatu seolah-olah itu terjadi untuk pertama kalinya. Perhatian penuh melihat segala sesuatu sebagaimana adanya. Begitu kesadaran menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita, kita mengembangkan kemampuan untuk mentolerir dan menerima pengalaman menyakitkan dan sumber daya batin yang membantu menstabilkan pengaruh dan mengurangi impulsif. 

Tidak mementingkan diri sendiri

Ketika kita tidak mementingkan diri sendiri, kita mengalihkan fokus kita pada kebutuhan orang lain, daripada menyimpannya pada diri kita sendiri. Ini adalah praktik untuk tidak mementingkan diri sendiri dan meminimalkan kepuasan keinginan dan keinginan ego. Untuk membuat perubahan yang mendefinisikan ulang hidup dari keegoisan menjadi tidak mementingkan diri sendiri, pergilah dan fokuslah pada kesejahteraan orang lain. Ini dapat dilakukan dengan banyak cara. kita dapat membersihkan hidup kita dan menyerahkan tubuh, hati, pikiran, dan jiwa yang telah sembuh total kepada orang lain saat memasuki suatu hubungan. kita juga dapat siap untuk berbagi berapa pun waktu yang dibutuhkan oleh orang lain kapan pun mereka membutuhkannya. Berbahagialah dengan hidup kita dan dengan apa pun yang ditawarkan oleh orang lain kepada kita. Kapan pun kita yakin untuk memberikan yang terbaik, kita menerima persis apa yang kita butuhkan untuk manfaat spiritual terbesar kita.

Nostalgia

Nostalgia adalah kerinduan untuk kembali ke masa lalu atau kondisi yang tampaknya tidak dapat dipulihkan. Ini adalah menghidupkan kembali masa lalu, yang biasanya dilihat dalam cahaya yang lebih positif daripada realitas pengalaman itu. Studi telah menemukan bahwa orang yang memiliki tingkat nostalgia yang tinggi memiliki harga diri yang lebih tinggi dan kurang rentan terhadap depresi. Memikirkan kenangan indah hanya selama 15 atau 20 menit sehari dapat membuat kita lebih ceria daripada minggu sebelumnya, dan lebih bahagia daripada jika kita memikirkan kehidupan kita saat ini. Nostalgia adalah penguat suasana hati yang sangat kuat, jadi jika kita tampak sedikit funk, pikirkan tentang kenangan indah di masa lalu dan kita akan mengalami harga diri yang lebih tinggi dan merasa lebih positif tentang persahabatan dan hubungan dekat.

Post-Materialisme

Seperti yang pernah dikatakan oleh penyair-presiden Ceko Vaclav Havel, “Jika dunia ingin berubah menjadi lebih baik, maka harus ada perubahan dalam kesadaran manusia”. Albert Einstein merenung dengan nada yang sama ketika dia mengatakan bahwa melakukan hal yang sama berulang kali dan mengharapkan hasil yang berbeda adalah definisi dari kegilaan. Masalah dunia sangat besar dan banyak. Satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan perubahan mendasar dan mendalam dalam kesadaran manusia. Beralih ke post-materialisme mengharuskan kita mengambil beberapa langkah terlebih dahulu.

Kita perlu menghadapi implikasi pertumbuhan penduduk dan konsumsi terhadap polusi, perubahan iklim, dan perusakan lingkungan. Kita perlu menyadari bahwa nilai-nilai materialis membuat hidup kurang bahagia. Kita perlu mengidentifikasi dan mempromosikan hal-hal dalam hidup yang lebih penting daripada pertumbuhan ekonomi. Kita perlu memahami dan mengalami sifat kesatuan dan keterkaitan semua benda dan manusia.

Rasa takjub

Keajaiban adalah pengalaman mereka yang mencapai suatu perasaan atau keadaan yang disebut kesempurnaan dalam tatanan dunia. Pengalaman keajaiban dapat membawa kita ke rasa transendensi dan realisasi keadaan yang lebih tinggi. Dari sudut pandang mistis, keajaiban berhubungan dengan penegasan sebagai pembukaan keajaiban mengungkapkan ketidakterbatasan dan sumber dari semua yang ada, yang berfungsi sebagai pintu gerbang untuk menyatukan pengalaman. Secara energik, keajaiban adalah ekspresi dari Eros, kekuatan hidup yang mendorong seseorang ke dalam momen saat ini dan ke dalam kehidupan dan yang memperbesar kapasitas atensi.

Ajaran Buddha merenungkan bahwa perbedaan yang terbatas pada realitas relatif atau empiris adalah artifisial dan berakibat melanggengkan penderitaan, rasa sakit, dan frustasi yang dibicarakan beberapa orang karena kita terasing dari pengalaman. Praktik keagamaan dan adat menyebar dan menciptakan perubahan persepsi. Pada akhirnya, melalui perubahan tersebut, kita dapat mengalami transparansi keberadaan relatif dan pemisahan subjek-objek yang ada dalam realitas. Dengan kata lain, keajaiban membuat kita merasakan keberadaan yang menyatu dan tak terbatas.

Jika teman-teman masih merasa butuh bantuan untuk melakukan hal ini silahkan nyobain penawaran terbaru dari Kunci Hidup yaitu PAK (Proses Aktivasi Kundalini) mengaktifkan tubuh cahaya kita akan dengan secara natural dan otomatis akan meluluhkan semua armour/pelindung atau benteng penolakan di level selular.

 

Subscribe to get tips and tricks to level up your skills.