Apa Itu Pekerjaan Batin?

Jun 18, 2024

Tanpa pekerjaan batin, kita hanya membuang-buang waktu. Tidak akan ada pembersihan, penyembuhan, transformasi, dan kebangkitan yang seimbang tanpa pekerjaan batin.

Dengan komitmen pada pekerjaan batin, kita mengubah rasa sakit menjadi kekuatan seperti seorang alkemis spiritual sejati. Pekerjaan batin ini secara alami menciptakan perubahan otentik di dunia, sedikit demi sedikit.

Apa yang lebih baik dari penyembuhan, berkembang, menemukan kebahagiaan sejati dan kebebasan, mengambil kekuatan kita, hidup dalam harmoni dengan orang lain ataupuun diri sendiri, dan mengirim gelombang perubahan yang indah ke seluruh dunia?

Namun, meskipun pekerjaan batin adalah jalan yang sangat layak, ini juga jalan yang diam-diam kita takuti.

Ketakutan bawah sadar terhadap segala bentuk eksplorasi batin adalah hal yang universal. Ini adalah sesuatu yang perlu kita pahami dengan baik jika kita adalah pencari spiritual yang tulus yang ingin melakukan pekerjaan ini.

Daftar Isi

  • Apa Itu Pekerjaan Batin?
  • Pekerjaan Batin vs. Pekerjaan Jiwa – Apa Bedanya?
  • 25 Tanda Kamu Perlu Melakukan Pekerjaan Batin
  • Mengapa Kebanyakan Orang Takut dengan Pekerjaan Batin
  • Kekuatan Tak Terbayangkan dari Pekerjaan Batin
  • 3 Jalur Pekerjaan Batin yang Mendalam

Apa Itu Pekerjaan Batin?
Pekerjaan batin adalah praktik psikologis untuk mengidentifikasi dan melarutkan kontraksi dan hambatan yang mengaburkan Cahaya Batin kita demi kesadaran diri, penyembuhan, transformasi, dan perluasan.

Ketika kita melakukan pekerjaan batin, kita menerangi kesadaran pada lanskap batin kita yang terdiri dari berbagai lapisan pikiran: sadar, bawah sadar, dan alam tak sadar.

Diri batin kita terdiri dari perasaan tersembunyi, kenangan, pikiran, keyakinan, prasangka, luka, bayangan, dan kondisi mental serta emosional lainnya yang mempengaruhi kemampuan kita untuk bertransformasi dan merasa utuh pada tingkat inti.

Dengan melakukan pekerjaan batin, sedikit demi sedikit, kita akan mampu melewati ketakutan, keterbatasan, kecanduan, depresi, dan perasaan tidak utuh yang sering menghantui kita sebagai manusia.

Pekerjaan Batin vs. Pekerjaan Jiwa – Apa Bedanya?
Pekerjaan batin (inner work) dan pekerjaan jiwa (soul work) cocok seperti yin dan yang, keduanya sama-sama memperkaya perjalanan spiritual kita dan bekerja berdampingan dengan harmonis.

Pekerjaan jiwa itu adalah tentang mendengarkan panggilan Jiwa untuk menyerah pada Roh, pekerjaan batin adalah tentang menciptakan ruang agar hal itu terjadi. Dalam pengertian ini, pekerjaan batin adalah bagian aktif atau (yang) dari perjalan spiritual kita, dan pekerjaan jiwa adalah bagian pasif atau (yin) dari perjalanan spiritual kita.

Tanpa ruang batin yang diciptakan melalui pekerjaan batin, bisa sangat sulit mencapai titik penerimaan, kerendahan hati, dan keterbukaan untuk benar-benar beristirahat dalam Roh sebagai Hakikat Sejati kita. Pekerjaan batin membantu membersihkan kabut, jaring laba-laba, dan hambatan yang memenuhi pikiran, hati, dan tubuh kita, memungkinkan Cahaya Kesadaran bersinar semakin terang.

Seperti menyiangi kebun yang tumbuh terlalu banyak, pekerjaan batin menciptakan lebih banyak ruang batin dengan membantu kita mencabut keyakinan, cerita, dogma, dan luka yang sudah terbentuk di dalam diri kita. Dan seperti membersihkan cermin yang kotor, pekerjaan batin membantu kita menemukan lebih banyak kejelasan batin, cinta diri, keutuhan, dan kebahagiaan.

25 Tanda Kamu Perlu Melakukan Pekerjaan Batin
Apakah kamu perlu melakukan pekerjaan batin? Jawabannya itu ya! Semua manusia di mana pun mereka dalam perjalanan hidupnya saat ini suatu saat pasti akan membutuhkan atau merasa perlu melakukan pekerjaan batin dalam tingkat tertentu. Berikut beberapa tanda yang menunjukkan kamu perlu melakukan pekerjaan batin:

1. Kamu merasa tersesat dalam hidup
2. Kamu tidak tahu siapa dirimu lagi
3. Kamu merasa kesepian dan seperti orang luar yang melihat dunia
4. Kamu sering bertengkar dengan orang lain
5. Kamu selalu berusaha menyenangkan orang lain
6. Kamu tidak percaya diri menjadi dirimu sendiri
7. Kamu memiliki harga diri yang rendah
8. Pikiranmu hampir selalu negatif dan mengkritik diri sendiri
9. Kamu merasa selalu tidak termotivasi dan "datar"
10. Kamu mengalami Malam Gelap Jiwa (atau krisis spiritual)
11. Kamu menderita masalah kesehatan kronis
12. Kamu tidak bisa tidur dengan baik
13. Hidup terasa tidak nyata
14. Kamu merasa putus asa
15. Kamu merasa kosong
16. Kamu sering marah atau sedih secara intens
17. Kamu percaya bahwa dunia melawanmu
18. Kamu kesulitan mempercayai orang lain (atau diri sendiri)
19. Kamu terus mengulangi kesalahan yang sama
20. Kamu terus menarik orang yang salah ke dalam hidupmu
21. Kamu merusak diri sendiri dan sabotase diri
22. Kamu memiliki dorongan kuat terhadap kecanduan
23. Kamu memiliki banyak pemicu emosional yang kuat
24. Kamu berjuang dengan tingkat kecemasan atau panik yang tinggi
25. Kamu ingin selalu sendiri atau selalu bersama orang lain (untuk melarikan diri dari diri sendiri)

Semakin banyak tanda yang kamu bisa identifikasi, semakin tinggi tingkat pekerjaan batin yang perlu kamu pertimbangkan. Kita akan menjelajahi beberapa jalur pekerjaan batin di bawah ini.

Mengapa Kebanyakan Orang Takut dengan Pekerjaan Batin
Mungkin terdengar konyol, tapi kenyataannya orang merasa terhalang dan takut dengan pekerjaan batin pada tingkat bawah sadar.

Mengapa dan bagaimana ini bisa terjadi?

Kita telah menjelajahi tata surya dan galaksi yang jauh lebih mendalam daripada kedalaman lautan kita sendiri. Kita lebih tahu tentang bagaimana sesuatu bekerja secara mekanis daripada kekuatan hidup yang menghidupinya. Kita lebih tahu tentang melawan dan merencanakan melawan "musuh" di luar kita daripada menghadapi musuh di dalam diri kita.

Seperti yang pernah ditulis psikolog Carl Jung:
"Orang akan melakukan apa saja, tidak peduli seberapa absurdnya, untuk menghindari menghadapi jiwa mereka sendiri."

Kekuatan Tak Terbayangkan dari Pekerjaan Batin
Pekerjaan batin mungkin secara superficial terlihat mewah, puitis, dan mistis. Tetapi ketika kamu masuk ke dalamnya, sering sekali menjadi perjalanan yang menghancurkan tulang, mengguncang perut, dengan darah, keringat, muntah, dan air mata.

Pekerjaan batin bukanlah sesuatu yang layak diunggah di Instagram atau sesuatu yang bisa kamu pakai sebagai lencana superioritas ego.

Pekerjaan batin, pada intinya, adalah tentang menempatkan kebenaran dan keinginan untuk kebebasan (Cinta) di atas segalanya.Pekerjaan batin itu tentang membiarkan diri kamu dipanggil, dihancurkan, dibakar, dan dibangun kembali ribuan kali. Pekerjaan batin adalah proses kematian dan kelahiran kembali yang abadi. Pekerjaan batin itu tidak pernah berhenti - bahkan setelah mencapai tingkat kesadaran yang lebih tinggi - karena ketika seseorang percaya bahwa dia telah "tiba" itulah saat stagnasi terjadi. Itulah saat narsisme spiritual berkembang dan bayangan atau sisi gelap manusia akan muncul dengan wajah jeleknya.

3 Jalur Pekerjaan Batin yang Mendalam
Ada banyak jalur pekerjaan batin yang ada saat ini aku  tahu. Aku hanya bisa berbagi denganmu jalur-jalur yang telah aku coba dan yang benar-benar berhasil - artinya aku tahu pasti bahwa mereka menghasilkan perubahan yang mendalam dan bertahan lama.

Berikut tiga jalur pekerjaan batin utama yang aku rekomendasikan dalam perjalanan kebangkitan spiritual:

1. Cinta Diri atau Self Love
Cinta diri adalah salah satu jalur pekerjaan batin yang lebih lembut dan mudah didekati. Tetapi itu tidak mengurangi atau meniadakan pentingnya.

Cinta diri bisa tampak dangkal atau tidak perlu memanjakan diri (di tangan yang salah), tetapi dengan pelatihan yang tepat, cinta diri bisa menjadi sangat mendalam dan benar-benar mengubahmu pada tingkat inti.

Untuk mereka yang baru memulai perjalanan pekerjaan batin, aku selalu merekomendasikan cinta diri sebagai tempat terbaik untuk memulai. Tanpa membangun hubungan yang baik dengan diri sendiri, bentuk pekerjaan batin lainnya yang tercantum di bawah ini mungkin terlalu menakutkan, terlalu sulit, atau merugikan kesejahteraanmu.

Salah satu bentuk cinta diri favoritku adalah pekerjaan cermin atau mirroow work. Pekerjaan cermin cukup sederhana melibatkan penggunaan cermin untuk melihat dengan jelas ketidakamanan dan ketakutanmu. Itu juga menghubungkanmu dengan esensi terdalam dirimu yang penuh dengan kasih sayang tanpa syarat, pengampunan, dan penerimaan (Jiwamu).

2. Healing Inner Child
Satu tingkat lebih dalam adalah healing inner child, sebuah bentuk pekerjaan batin yang melibatkan pemeriksaan luka, ketakutan, dan keyakinan masa kecilmu.

Pada tingkat yang berbeda, kita semua membawa inner child yang terluka. Tugas kita sebagai orang dewasa adalah terhubung kembali dengan bagian diri kita yang seperti anak ini, menggali keyakinan/keburukan masa kecil yang lama, dan mengintegrasikan bagian diri kita yang rapuh ini kembali ke dalam struktur kepribadian kita.

Inner child-mu adalah sumber kreativitas, kegembiraan, spontanitas, cinta, dan kebijaksanaan yang luar biasa. Namun, pada saat yang sama, inner child-mu bisa menjadi sumber obsesi yang tidak logis, ketakutan yang tak tergoyahkan, neurosis, perilaku merusak diri, dan keyakinan diri yang membatasi.

Healing inner child bisa memicu banyak urusan yang belum selesai. Jika kamu memiliki masa kecil yang penuh kekerasan, kamu mungkin merasa jijik atau takut yang mengintai terhadap pekerjaan ini (banyak yang merasakannya) atau bahkan terhadap inner child-mu. Tetapi sebagai seseorang yang memiliki masa kecil yang traumatis dan yang telah melakukan banyak healing inner child, aku bisa mengatakan bahwa ini benar-benar layak dari semua rasa sakit, air mata, dan kemarahan. Kamu perlu membersihkan rasa sakit itu dan tidak membiarkannya mengendalikanmu!

3. Pekerjaan Bayangan
Pada tingkat terdalam dari proses pekerjaan batin adalah pekerjaan bayangan atau mengenal sisi gelap manusia (MSG). Bentuk pekerjaan batin ini adalah yang paling kompleks, sulit dipahami, dan menakutkan dari semuanya. Dengan pekerjaan bayangan, kita secara harfiah menjelajahi tempat-tempat tergelap dalam psikis kita yang dengan sengaja kita tekan, tolak, dan singkirkan setiap hari.

Kita semua tahu apa yang mengintai dalam bayangan. (Ya, hal-hal yang menyeramkan dari mimpi buruk, dan juga hal-hal yang menghancurkan hati dari tragedi.) Sebagai langkah awal bisa mencoba melakukan journal shadow work buat pemula.

Pekerjaan bayangan adalah praktik menjelajahi iblis batinmu. Dalam bayanganmu tersembunyi segala sesuatu yang telah dilarang, dianggap 'tabu', 'buruk', jelek, dan tidak dapat diterima oleh orang tua dan masyarakat. Bayanganmu mengandung semua yang diam-diam kamu malu dan jijik dalam dirimu.

Sebelum mencoba pekerjaan bayangan, sangat penting untuk kamu melakukan cinta diri dan juga healing inner child. Kamu HARUS memiliki harga diri yang stabil dan sehat sebelum melakukan pekerjaan bayangan. Mengapa kamu mungkin bertanya? KarenPekerjaan bayangan bisa dengan mudah membuatmu merasa seribu kali lebih buruk tentang dirimu jika kamu sudah memiliki harga diri yang rendah. Untuk alasan ini, pekerjaan bayangan adalah bentuk pekerjaan batin yang canggih dan bukan untuk pemula.

Jika kamu memiliki beberapa pengalaman dengan pekerjaan batin, aku merekomendasikan untuk mendekati pekerjaan bayangan secara perlahan. Mengerjakan jurnal shadow work simple atau khusus untuk pemula adalah cara yang bagus untuk mulai menjelajahi bayanganmu serta menulis jurnal dengan penuh kesadaran.

Akhirnya, praktik-praktik seperti pekerjaan tubuh somatik, meditasi, latihan kesadaran, penyelidikan diri, terapi seni, analisis mimpi, perjalanan shamanik, visualisasi, dan proses aktivasi kundalini akan dengan indah melengkapi perjalanan pekerjaan batinmu.

Pada akhirnya, ketiga bentuk pekerjaan batin ini melebur dan bermetamorfosis secara alami satu sama lain. Pekerjaan inner child melibatkan tingkat tertentu dari pekerjaan bayangan, pekerjaan bayangan adalah bentuk dari pekerjaan inner child yang bersifat lanjutan, dan cinta diri terlibat dalam semua bentuk pekerjaan batin. Semoga, perbedaan ini telah membuat segalanya lebih jelas bagimu.

Mudah-mudahan, kamu sekarang memiliki jalur yang jelas untuk diikuti yang bisa kamu investasikan waktu dan energimu. Dan sekali lagi, jika kamu ragu, izinkan aku mengatakan dengan antusias, kamu layak!! Aku tidak akan pernah tumbuh, berkembang, dan sembuh sedalam yang aku lakukan sekarang jika bukan karena pekerjaan batin. Ribuan (mungkin lebih) di seluruh dunia bisa bersaksi tentang realitas ini dalam diri mereka juga.

Subscribe to get tips and tricks to level up your skills.