Temukan 10 Makanan Probiotik Teratas untuk Kesehatan Usus yang Optimal

health Aug 18, 2023

Probiotik memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan usus dengan merangsang proses pencernaan alami dan enzim. Sementara suplemen probiotik biasa digunakan, memasukkan makanan kaya probiotik ke dalam makanan kita adalah cara terbaik lainnya untuk mendukung kesehatan usus kita. Berikut adalah daftar pilihan makanan probiotik teratas yang dapat kita tambahkan dengan mudah ke makanan harian kita. Pilihlah opsi organik bila memungkinkan untuk memaksimalkan manfaatnya.

Yogurt

Pilih yogurt yang dibudidayakan hidup, sebaiknya buatan tangan, untuk sumber probiotik yang kaya. Cari varietas yang terbuat dari susu kambing yang telah diinfuskan dengan tambahan probiotik seperti lactobacillus atau acidophilus. Waspadai merek populer yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi, pemanis buatan, dan perasa alias msg darling.

Kefir

Mirip dengan yogurt, kefir adalah produk susu fermentasi yang terbuat dari kombinasi susu kambing dan biji kefir. Ini mengandung bakteri lactobacillus dan bifidus tingkat tinggi, serta antioksidan. Cari pilihan organik di toko makanan kesehatan.

Sauerkraut

Kubis yang difermentasi dan sayuran lainnya menjadikan sauerkraut sebagai pembangkit tenaga probiotik. Ini tidak hanya memberikan budaya hidup yang sehat tetapi juga membantu mengurangi gejala alergi. Sauerkraut juga kaya akan vitamin B, A, E, dan C.

Coklat hitam

Cokelat hitam berkualitas tinggi dapat mengandung hingga empat kali jumlah probiotik yang ditemukan di banyak produk susu. Manjakan diri dengan cokelat hitam menawarkan manfaat kesehatan tambahan di luar dukungan probiotik.

Mikroalga

Sertakan tanaman berbasis laut makanan super seperti spirulina, chlorella, dan ganggang biru-hijau dalam makanan kita. Makanan kaya probiotik ini meningkatkan populasi Lactobacillus dan bifidobacteria dalam sistem pencernaan kita. Mereka juga menawarkan jumlah energi yang luar biasa per ons untuk tubuh manusia.

Sup Miso

Miso, bahan pokok dalam pengobatan tradisional Jepang dan masakan makrobiotik, bertindak sebagai pengatur pencernaan. Terbuat dari gandum hitam, kacang-kacangan, beras, atau jelai yang difermentasi, menambahkan satu sendok makan miso ke dalam air panas akan menghasilkan sup cepat dan kaya probiotik yang mengandung bakteri laktobasilus dan bifidus. Miso padat nutrisi, membantu menetralkan efek pencemaran lingkungan, membuat tubuh menjadi basa, dan menangkal dampak karsinogen.

Acar

Anehnya, acar, terutama yang buatan sendiri, merupakan sumber probiotik yang sangat baik. Pertimbangkan untuk membuat acar dill kaya probiotik kita sendiri menggunakan metode fermentasi matahari.

Tempe

Siapa yang gak tahu tempe ya kan? Sebagai biji-bijian yang difermentasi dari kedelai, tempe berfungsi sebagai pengganti daging atau tahu yang enak. Ini kaya akan probiotik dan vitamin B12. Nikmati tempe yang ditumis, dipanggang, atau dihancurkan di atas salad. Jika disiapkan dengan benar, tempe rendah sodium, menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang mengikuti diet rendah sodium.

Kimchi

Kimchi adalah acar sauerkraut Asia pedas dan asam yang biasa disajikan bersama makanan di Korea. Ini mengandung bakteri menguntungkan dan juga merupakan sumber beta-karoten, kalsium, zat besi, dan vitamin A, C, B1, dan B2. Memasukkan kimchi ke dalam makanan kita menyediakan salah satu sumber probiotik terbaik, asalkan kita bisa menangani bumbunya.

Teh Kombucha

Teh fermentasi, yang dikenal sebagai kombucha, kaya akan bakteri usus yang sehat. Minuman probiotik ini telah digunakan selama berabad-abad dan diyakini dapat meningkatkan energi, meningkatkan kesejahteraan, dan berpotensi membantu penurunan berat badan. Perhatikan bahwa teh kombucha mungkin tidak cocok untuk semua orang, terutama mereka yang memiliki masalah kandida.

Jangan ragu untuk membagikan makanan probiotik favoritmu ya say di komentar di bawah!

 

Subscribe to get tips and tricks to level up your skills.