Apa itu Spiritual Bypassing? Jalan Pintas Spiritual

spiritual Mar 09, 2023

Apa itu Spiritual Bypassing? Jalan Pintas Spiritual 

 

Jalan pintas spiritual adalah bayangan spiritualitas yang sangat gigih, terwujud dalam banyak bentuk, seringkali tanpa disadari.

– R. Augustus

 

Apa yang terlintas di benak kita saat memikirkan 'spiritualitas'?

Kita mungkin membayangkan sebuah kuil yang indah, Buddha berlapis emas, taman dan hutan seperti surga, wajah guru yang bersinar cerah, malaikat, pegunungan, atau sejumlah gambar mempesona lainnya.

Kita cenderung mengasosiasikan kebangkitan spiritual dengan keadaan transendental dan tinggi yang selalu dikaitkan dengan perasaan bahagia, gembira, kedamaian batin yang dalam, dan kepuasan serta berkelimpahan. Walaupun semua ini benar dan menakjubkan, banyak dari kita menjadi jadi mabuk, kecanduan, dan terjerat oleh gambaran spiritualitas yang sangat menarik ini, menghindari sisi yang lebih gelap, menyakitkan, dan lebih menuntut kita untuk melakukan sebuah aksi yang konsisten.

Pada intinya, jalan pintas spiritual itu seperti bentuk penghindaran yang menghadiahi kita dengan rasa aman dan bahagia yang palsu, dan menghambat kita untuk integrasi, transformasi, dan merasakan satu kesatuan atau keesaan.

Spiritual bypassing adalah sebuah tindakan menggunakan keyakinan spiritual untuk menghindari kebutuhan kita yang tidak terpenuhi, rasa sakit yang dalam dan luka yang belum terselesaikan.

Spiritual bypassing adalah bentuk penghindaran. Karena itu adalah bentuk penghindaran, itu artinya juga merupakan bentuk perlawanan. Spiritual bypassing sebenarnya adalah sisi bayangan dari Spiritualitas. 

Apa yang kita tolak, bertahan.

– C.G. Jung

10 Jenis Spiritual Bypassing

Pada kenyataannya adalah bahwa tidak semua hal dalam hidup kita itu adalah 'cinta dan cahaya', seperti slogan di dunia spiritual yang sering kita bahas “love and light” 

Spiritualitas sejati adalah tentang menciptakan neraka dari keyakinan, ilusi, keinginan, cita-cita, dan prasangka kita yang salah. Hal ini lebih ke tentang menyerah pada kehancuran setiap hal terbatas yang pernah kita pikirkan dan rasakan tentang diri kita, orang lain, dan dunia, alias. kematian ego.

Spiritualitas tidak selalu indah. Nyatanya, seringkali, itu adalah pengalaman yang paling menghancurkan, penuh gejolak, dan menguji kita. Teman-teman pernah gak mengalami sebuah peristiwa dimana apapun yang kita percayai adalah kebenaran ternyata hal tersebut semuanya tidaklah benar bahkan sesuatu yang sangat sederhana dalam kehidupan kita sehari-hari misalnya air minum bersih pun ternyata tidak seperti itu kenyataannya, like ahhhhhhh semuanya ternyata aaaaahhhhhhhh dan kitapun mulai bingung hal apa yang bisa dipercaya.

Tapi ketika kita keluar dari bara kehancuran kita ini, kita akan terlahir kembali - seperti kupu-kupu - ke dalam kehidupan baru yang jernih dan murni.

Sebenarnya ada banyak jenis jalan pintas spiritual yang terkadang tidak kita kenali (atau tolak untuk kenali) dalam hidup. Aku telah membuat daftar sepuluh jenis yang paling umum di bawah ini yang secara pribadi aku pernah berada disana :

I) Bypass Optimis

Kita semua pernah menjumpai orang-orang dalam hidup yang suka tertawa dan tersenyum, yang tampaknya sangat optimis. “Fokus pada yang positif!” "Lihat gelasnya setengah penuh!" "Positif thinking aja pokoknya!"  nah hal ini adalah beberapa contoh ungkapan dari orang-orang yang cenderung menggunakan optimisme sebagai cara untuk menghindari kenyataan hidup yang lebih menyeramkan dan menyusahkan. Jalan pintas optimis seringkali merupakan produk sampingan dari fobia kemarahan atau ketidakmampuan untuk menghadapi emosi negatif secara keseluruhan. 

II) Bypass Superior/Aggrandizement 

Jalan pintas Superior diadopsi oleh mereka yang berusaha untuk merasa tercerahkan, lebih unggul, atau entah bagaimana "lebih terbangun" dalam perkembangan spiritual mereka daripada yang lain. Mengklaim telah mencapai tonggak spiritual tertentu yang didambakan adalah jenis delusi diri yang digunakan beberapa pencari spiritual sebagai cara untuk menutupi kekurangan dan rasa tidak aman yang mereka rasakan. Lebih umum, jalan pintas ini biasanya digunakan oleh guru yang memproklamirkan diri, pemimpin spiritual, yogi dll. Biasanya mereka suka bilang ke orang lain maklum mereka belum awakening/terbangun seperti kita/aku. Atau suka sekali menjatuhkan konsep2 lain seperti the law of attraction itu salah, tidak baik dll

III) Bypass Korban/Victim

Ketika seseorang menjadi korban dari hadiah atau hasil dari aksi mereka, atau orang lain, hal ini dilakukan untuk menghilangkan tekanan dari tanggung jawab untuk membentuk kehidupan yang memuaskan dan mengambil tanggung jawab atas kebahagiaannya, intinya daripada bertanggung  jawab terhadap diri sendiri kenapa mereka tidak bisa bahagia atau memiliki kepuasaan batin mereka akan memilih untuk menjadi korban/victim.

Jenis bypass spiritual ini sering digunakan oleh para pencari spiritual yang percaya bahwa mereka memiliki semacam karunia ekstrasensor atau seseorang yang mengidentifikasi dirinya sebagai seorang empati, misalnya. Karena menjadi seorang empati adalah karunia untuk merasakan emosi orang lain, ini dapat digunakan sebagai alasan untuk mengasihani diri sendiri, merusak diri sendiri, dan dengan cara yang tidak stabil. Label lain, seperti peramal, anak indigo, starseed,dll

Maaf kalau ada yang ketrigger dengan hal ini karena walaupun empath atau, starseed dll bukan berarti itu benar untuk merasa tak berdaya dan menjadi korban.

IV) Bypass Psikonot

Banyak pencari spiritual menjelajahi batas pikiran, jiwa, dan realitas melalui penggunaan obat psikedelik seperti LSD, DMT, jamur psilocybin, mescaline, dan entheogen lain yang memperluas kesadaran. Sementara zat psikoaktif adalah cara yang menarik untuk mengeksplorasi realitas, seperti obat lain, mereka sering dapat digunakan untuk melarikan diri dari kehidupan sehari-hari dan menghindari komitmen untuk pengembangan pribadi. Terus terang aku pernah berada di area ini dan mengeksplorasi dimensi lain menggunakan jamur dan psikedelik lainnya yang tidak disebutkan diatas, sampai akhirnya aku bisa menghasilkan sendiri zat tersebut dalam tubuhku tanpa bantuan dari luar hanya menggunakan teknik bernafas dikombinasikan dengan audio dan hipnosis.

V) Bypass Ramalan

Ketika kita sering mencari bantuan dan bimbingan di luar diri kita, seperti dalam kasus ramalan horoskop dan paranormal atau kartu tarot, kita gagal memanfaatkan sumber kebijaksanaan dan kekuatan batin kita dan membiarkan prediksi eksternal mengendalikan hasil hidup kita. Bypass Ramalan biasanya berasal dari ketakutan dan ketidakpercayaan pada diri kita sendiri, ketakutan mengambil tanggung jawab diri atas keputusan kita, dan penolakan untuk mengalir dengan kehidupan dengan mencoba memprediksi "apa yang akan terjadi." sifat utama dari ego kita adalah segala sesuatu yang diketahui/prediksi.

VI) Jalan Pintas Si Suci

Sebagai anak-anak, banyak dari kita dikondisikan untuk percaya bahwa "orang spiritual" selalu baik, penyayang, dan suci. Di masa dewasa, banyak dari kita terus mengulangi cerita ini pada diri kita sendiri, dan sayangnya, hal itu dapat menimbulkan penderitaan yang luar biasa.

Saint Bypass adalah cerminan dari pemikiran "hitam atau putih" yang ekstrim, mempromosikan keyakinan mendasar bahwa orang spiritual tidak dapat memiliki sisi gelap karena itu akan membuat mereka "tidak spiritual". Jenis bypass spiritual ini pada dasarnya adalah penghindaran Diri Bayangan (sisi gelap) seseorang dengan mengkompensasi secara berlebihan dengan kedok eksterior yang manis dan surgawi. Kompleks martir adalah gejala utama dari jenis jalan pintas ini.

VII) Jalan Pintas Pemandu Roh (Spirit Guide)

Dalam beberapa tradisi spiritual, Tuhan yang melindungi, dalam tradisi lain, malaikat, hewan, atau makhluk yang naik yang menjaga kita.

Meskipun pada titik-titik tertentu dalam hidup sangat membantu, menenangkan, dan mendukung untuk merasa diri kita dirawat oleh seorang pemandu roh, kita tidak dapat membiarkannya menjadi terlalu banyak penopang.

Mengkitalkan 100% pada pemandu roh kita untuk memberi kita semua wawasan kita, semua perlindungan kita, dan semua makanan rohani kita membuat kita dalam keadaan kekanak-kanakan secara rohani. Dengan kata lain, kita gagal mengembangkan kekuatan karakter spiritual.

Pemandu roh/Spirit Guide berfungsi untuk mengajar kita bukannya jadi mengasuh kita, aku sendiri pernah berada di titik ini sedikit-sedikit minta petunjuk dari pemandu rohku bahkan untuk hal yang sangat sederhana seputar memasak.

VIII) Lewat Doa

Mirip dengan Spirit Guide Bypass, Doa Bypass menghindari tanggung jawab pribadi dengan menaruh kepercayaan pada makhluk yang lebih tinggi untuk menyelesaikan semua masalah dan masalah kita. Meskipun berdoa bisa menjadi praktik yang sehat, itu bisa dengan mudah menjadi pembatas dan salah arah. Terlalu tenggelam dalam kepasifan adalah cara yang tidak seimbang untuk menjalani hidup dan dapat dengan mudah menyebabkan bencana. Kita harus belajar mengambil tindakan dan mempercayai insting kita sendiri juga, bukan berarti dengan hanya berdoa saja semua masalah akan terselesaikan, karena pada akhirnya kita sendiri yang akan menyelesaikan atau mewujudkan apapun itu, setelah berdoa kita harus mulai mempercayai insting kita dan mulai melakukan sebuah aksi.

IX) Jalan Pintas Guru

Untuk mengikuti seorang guru, dukun, atau guru spiritual untuk belajar dan tumbuh memanglah bermanfaat dan akan mempercepat proses pertumbuhan kita. Namun, terlalu terikat pada orang-orang seperti itu dapat dengan cepat berubah menjadi bentuk lain dari jalan pintas spiritual. Godaan untuk mulai memuja (sadar atau tidak) guru spiritual berarti kita akhirnya lupa tujuan mendengarkan mereka, yaitu untuk mengintegrasikan esensi ajaran mereka.

Dengan memperlakukan kata-kata seorang guru atau master sebagai kebenaran yang tak terbantahkan dan gagal berpikir untuk diri kita sendiri, kita jatuh ke dalam pemikiran kelompok yang seperti kultus, dan kita kelaparan akan pertumbuhan dan transformasi spiritual sejati dalam perjalanan spiritual kita. Sekali lagi pada akhirnya kita sendiri yang harus melakukan sebuah aksi berdasarkan intuisi kita.

X) Bypass Penunjuk Jari/Tukang Tunjuk

Pada titik tertentu dalam pencarian spiritual kita, kita mulai dapat melihat kebohongan, delusi, dan perilaku gila yang dilakukan oleh sesama manusia dan hal ini bisa membuat kita marah, putus asa, dan frustasi. Namun, ketika kita terjebak dalam "segala sesuatu yang salah" dengan dunia luar dan orang lain, mengabdikan hidup kita untuk pencarian kebenaran diri sendiri, ini bisa menjadi bentuk lain dari jalan pintas spiritual. Banyak sekali aku lihat orang yang suka nunjuk2 orang lain A atau B tanpa bisa melihat bahwa dirinya sendiripun jauh dari sempurna dan juga melakukan kesalahan.

Menunjuk jari menanamkan pada kita rasa kebenaran yang salah, menghilangkan tanggung jawab untuk melihat ke dalam dan bekerja pada diri kita sendiri. Pada akarnya, Bypass Finger-Pointing bersumber dari pemisahan egosentris dan penghindaran ketakutan terhadap bayangan kita sendiri.

Aku yakin ada banyak bentuk spiritual bypassing lainnya di luar sana. Namun, paling tidak, kesepuluh bentuk di atas adalah jalan pintas paling umum yang dapat dengan mudah kita amati di sekitar dan di dalam diri kita. Nah bagaimana dengan the law of attraction atau LOA apakah termasuk spiritual bypassing? Jawabannya adalah TIDAK! Karena landasan dari LOA itu adalah hukum getaran yang merupakan hukum alam dimana kita menarik hal yang sama dengan diri kita, jadi lebih seperti hukum sebab akibat, atau bisa disebut juga sebuah sistem yang bersifat mutlak dan otomatis saling melengkapi sesuai dengan input/masukan/getaran.

 

Bagaimana Menghentikan Bypass Spiritual

Jalan pintas spiritual itu licin, licik, dan sering disamarkan dengan jubah cahaya.

Dibutuhkan banyak kejujuran diri yang kejam - atau apa yang dikenal sebagai penegasan spiritual - untuk melihat melalui kebohongan yang telah dikondisikan untuk kita percayai atau katakan pada diri kita sendiri.  Jadi bagaimana cara kita bisa menghentikan jalan pintas spiritual? Berikut adalah beberapa metode yang mungkin ingin kita gunakan:

  1. Kembangkan sikap berpikiran terbuka

Sebelum mengungkap segala bentuk jalan pintas spiritual yang telah masuk ke dalam hidup kita, kita harus terbuka. kita harus rela salah, salah arah, atau benar-benar melenceng. Tanpa kemauan untuk berpikiran terbuka, kita akan membodohi diri sendiri. Tidak ada gunanya bahkan mencoba memanggil diri sendiri karena kita akan menembak diri sendiri bahkan sebelum memulai!

Oleh karena itu, berusahalah untuk memupuk sikap rendah hati dan berpikiran terbuka. Ingatkan diri kita bahwa tidak apa-apa menjadi tidak sempurna (kita semua begitu!). Dan hampir semua orang pada titik tertentu akan terpeleset di titik spiritual bypassing ini.

  1. Periksa sisi terang dan gelap dari apa yang kita lakukan

Ada sisi terang dan gelap untuk semuanya. Bahkan jika kita berjuang untuk menemukan apa yang salah dengan aktivitas atau komitmen spiritual yang kita dedikasikan saat ini, buatlah skenario hipotetis.

Misalnya, jika kita mengikuti seorang guru spiritual yang kita cintai dan kagumi, buat skenario hipotetis di mana guru tersebut mengkhianati kepercayaan kita atau melakukan sesuatu yang bertentangan dengan etika kita. Lalu bagaimana?

Tanyakan pada diri kita pertanyaan-pertanyaan seperti:

“Apa yang salah di sini?”

"Apa yang tidak saya lihat?"

"Apa sisi lain dari ini?"

“Di masa lalu, bagaimana ini menyakiti seseorang?”

“Peringatan apa yang diberikan orang tentang kegiatan ini?”

"Apakah ini menyakitiku dalam beberapa cara?"

"Apakah ini merugikan orang lain dengan cara tertentu?"

“Bagaimana ini membuatku lemah atau tergantung?”

"Apakah ada peluang bagi saya untuk dimanfaatkan di sini?"

Keyakinan buta menciptakan sesorang seperti domba, bukan serigala yang berdaulat sendiri. Sebaiknya kita harus berani melihat kedua sisi kehidupan dan menghormati yin dan yang dari keberadaan. Rangkullah energi Siwa (penghancur) dan Shakti (pencipta) di dalam diri kita. Setiap guru spiritual selalu memiliki sisi gelap begitu juga semua manusia di dunia.

  1. Minta pendapat jujur orang lain

Jika kita memiliki teman dekat atau anggota keluarga (dengan siapa kita memiliki hubungan yang sehat dan saling menghormati), bicarakan dengan mereka tentang jalan spiritual kita. Tanyakan kepada mereka apakah mereka telah memperhatikan kecenderungan spiritual di dalam diri kita. Jika mereka tidak mengerti apa itu spiritual bypassing, tunjukkan artikel ini atau jelaskan kepada mereka!

Kemudian, setelah teman atau anggota keluarga terpercaya kita siap, secara sadar perkuat diri kita (dan ego kita) dengan menarik napas dalam-dalam untuk mendengarkan tanggapan mereka. Jika suatu saat kita merasa kewalahan dengan emosi seperti kemarahan atau sikap defensif, ucapkan terima kasih dan beritahu mereka bahwa kita perlu satu atau dua menit untuk memproses apa yang mereka katakan kepada kita.

Umpan balik dari orang lain (yang benar-benar peduli dengan kesejahteraan kita) sangat berharga. Tapi pastikan itu dari orang yang kita percayai. Jangan bertanya kepada seseorang yang memiliki hubungan rumit dengan kita untuk membocorkan kecenderungan kita untuk mengabaikan spiritual. Kemungkinan besar, mereka akan menggunakannya sebagai kesempatan untuk menyakiti kita secara tidak langsung.

  1. Hadapi dan rasakan rasa sakit kita

Mengapa jalan pintas spiritual terjadi? Jawabannya adalah itu membantu kita menghindari menghadapi emosi yang menyakitkan seperti kesedihan, rasa malu, amarah, kebencian, dan teror.

Semua orang ingin menikmati puncak spiritual yang gemerlap (yang pada akhirnya berumur pendek) tetapi tidak ada yang mau melakukan kerja keras menghadapi rasa sakit batin (yang sebenarnya mengarah pada kegembiraan, kepuasan, dan kedamaian yang akan bertahan lama).

Menghadapi dan merasakan rasa sakit kita tidak sederhana. kita kemungkinan besar akan membutuhkan bantuan konselor dan fasilitator yang tahu banyak seputar trauma – dan idealnya, mereka akan diberi tahu trauma, karena rasa sakit yang ditekan berasal dari trauma yang belum terselesaikan.

Menghadapi rasa sakit bukanlah prospek yang menyenangkan bagi kebanyakan orang, oleh karena itu mereka menghindari pekerjaan ini dan tetap menggunakan perban spiritual mereka. Namun faktanya tetap: rasa sakit itu perlu ditangani cepat atau lambat.

Latihan yang dapat membantu kita menghadapi dan merasakan rasa sakit kita mungkin termasuk latihan pernapasan, latihan tubuh (seperti yoga), meditasi spiritual, mindfulness, membuat jurnal, terapi seni seperti neurographica art, tarian ekspresif seperti moon dan fire dancing, katarsis, jurnal mengenal sisi gelap, audio healing dan banyak latihan kreatif lainnya.

 

Thank you & I love you!

 

Subscribe to get tips and tricks to level up your skills.